Biaya Perbaikan Innova Zenix Hybrid Terendam Banjir Rp305 Juta, Korban Banjir Sumatera Curhat - Sindo news
2 min read
Biaya Perbaikan Innova Zenix Hybrid Terendam Banjir Rp305 Juta, Korban Banjir Sumatera Curhat
Rabu, 10 Desember 2025 - 08:54 WIB
A
A
A
MEDAN - Seorang pemilik Toyota Innova Zenix Hybrid di Sumatera Utara membagikan pengalamannya lewat Instagram terkait tagihan perbaikan mobilnya setelah mobil terendam banjir yang mencapai sekitar Rp305 juta.
Hal ini menjadi perhatian, karena perbaikan mobil hybrid setelah kebanjiran memang bisa jauh lebih mahal dibanding mobil biasa. Komponen-komponen elektrifikasi seperti baterai, inverter, hingga sistem kelistrikan dapat rusak parah akibat air.
Sebagai perbandingan: pada kasus sebelumnya, perbaikan Zenix Hybrid terendam banjir pernah dilaporkan sekitar Rp 171,6 juta sudah terasa “setara mobil baru” bagi sebagian orang.
Foto struk perbaikan beredar di media sosial dan kini tagihannya diklaim mencapai Rp 305 juta. Jika benar, ini menegaskan bahwa risiko kerugian bagi pemilik mobil hybrid di area rawan banjir bisa sangat besar.
Untuk pemilik kendaraan hybrid: cerita ini jadi peringatan penting hindari menerobos banjir tinggi, dan pertimbangkan perlindungan asuransi dengan cakupan banjir agar tidak terbebani tagihan mahal seperti ini.
Toyota Kijang Innova Zenix adalah andalan jualan Toyota, TeknologiHybrid Electric Vehicle(HEV) adalah yang paling mudah diterima masyakarat. HEV memanfaatkan keunggulan motor listrik yangzero emissionbersama motor bakar dengan efisiensi tinggi.
Seperti dilansir dari situs resmi Toyota, untuk saat ini, HEV paling sesuai di Indonesia karena tidak membutuhkancharging stationuntuk mengisi ulang baterai penggerak motor listrik,di mana infrastrukturnya masih terbatas.
Anda tetap dapat merasakanbenefitmobil listrik yang hening danzero emissionsaat mode EV bekerja. Selain semakin hemat bensin dan rendah emisi, pelanggan tidak perlu khawatir dalam mobilitas jarak jauh karena tugas isi ulang baterai akan dikerjakan oleh motor bakar dan energi regeneratif dari rem mobil.
Sebenarnya mobil apapun tidak direkomendasikan untuk menerjang banjir. Ketika Anda melihat jalan di depan ada genangan air yang cukup tinggi, sebaiknya dipertimbangkan untuk mencari jalan alternatif. Risikowater hammeralias mesin kemasukan air dapat berakibat fatal yakni turun mesin dengan biaya sangat mahal.
Secara fungsi, layaknya komponen mobil yang lain, komponen elektrifikasi pada HEV Toyota didesain untukwater ressist(tahan air) dan bukanwater proof(kedap air). Artinya, tetap ada potensi air menemukan celah untuk masuk dan merusaknya. Kerusakan komponen lainnya kalau terendam banjir serupa dengan mobil konvensional, seperti korsleting dan kaki-kaki bermasalah.
Seperti diketahui, xEV Toyota memasang motor listrik di as roda depan dan meletakkan baterai penggerak motor listrik di bawah dek penumpang. Posisi ini terbilang rendah dan mengundang risiko kalau tidak diperhatikan.
Secara desain dan konstruksi, Toyota sudah memikirkan kemungkinan ini, khususnya dengan adanya produk kebanggaan lokal Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV yang pasti telah mempelajari potensi banjir di sini. Semua produkhybridToyota sudah dilengkapi perlindungan pada komponen motor listrik dan baterai untuk mencegah berbagai potensi masalah.
(wbs)